Pages

Kamis, 22 Desember 2011

Asal mula Nama Soppeng


Nama Soppeng berasal dari nama buah-buahan Caloppeng, buah tersebut bundar dan lebih basar dari buah anggur dan mungkin satu spesises dengan anggur. Caloppeng berwarna ungu. Warna ungu adalah warna pakaian kaum ibu yang dipakai pada upacara perkawinan. Sedang warna merah adalah pakaian nak dara-dara dan ibu muda sehingga ungu (kamummu) dan merah (eja) istilah bahasa sindirannya untuk kaum ibu perempuan dewasa dan anak dara atau ibu muda.
Makana warna ungu pakaian para ibu-ibu bijaksna yang dinamakan kamummu’E ibu Wanua (ibu pertiwi). Warna ungu pada buah Caloppeng mengkilap seperti kaca halusnya dan enak dilihat (bercahaya), hitam manis. Makan bundara (melingkar) berarti Lambang persatuan seluruh negeri, bersatu dalam satu pimpinan dari satu orang yang di tuakan namanya Matoa. Tanah air disebut kamummu’E Lambang dari pakaian ibu-ibu bijalsana. Tanah air laksana ibu-ibu yang arif dan bijaksana yang mamberikan kesejayraan dari kesuburuannya keluar bermacam-macam tanaman unutk keperluan hidup manusia.

Pasangan tanah air yang subur dari pemimpin masyarakat dari orang tua yang bijaksana. bahasa Bugis yang baru lahir dari akr kata asli (benda) yang diubah hurufnya atau sukukatanya sehingga arti dan maknanya berbeda  dengan benda aslinya.  Buah Ca. c berubah menjadi loppeng dihilangkan (lo)vmenjadi coppeng. Dari kata coppeng berubah sebutan sebagai pengaruh ucapan lidah  menjadi lapaz soppeng. C berubah menjadi S   Contoh Baco dan Becce menjadi Baso dan Besse. Denganberubah satu huruf melahirkan bahasa baru yang berbeda artinya atau statusnya.
Soppeng berasal dari nama buah-buahan : Caloppeng menjadi Soppeng.
Negeri Bila dalah negeri negeri yang dibagun oleh Matoa Bila  diantaranya Matoa Bila yang dinamakan penulis sejarah primus inter peres, juga bersal dari nama buah-buahan bila. Bila ada dua macam bila tempat air dan buah bila yang manis bentuknya seperti bola tennis (dimakan). Buah Bila tempat air tidak dimakan isinya tetapai dijadikan orang (petani)  sebagai obat ketika kakinya kene kutu air waktu mengolah sawah. Isi buah Bila disapukan pada kaki yang kudisan bengkak sampai sembuh. Buah bila dijadikan temoat air  untuk membawa air keman-mana. Orang yang rajin bekerja biasanya  membawa dua buah bila yang berisi air. Satu bila dipakai untuk diminum dan satunya dipakai waktu buang air. Betapa pentingnya peranan  air bagi kehidupan  manusia. Itulah isinya Bila. Buah Bila bentuknya bu bundar atau  bulat perLambang  selurunh penduduk negeri diharuskan bersatu   bulat tidak lonjonng tidak pecah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar